Problematika Mahasiswa

Mahasiswa berasal dari 2 kata yaitu maha dan siswa, maha adalah tingkat tinggi/ level teratas sedangkan siswa adalah pelajar. Yang berarti pelajar yang paling tinggi levelya

Mahasiswa merupakan tingkatan tertinggi dari pelajar-pelajar sebelumnya seperti TK, SD, SMP,dan SMA  yang dimana peran mereka sangat penting. Secara garis besar peran mereka dibagi 3 yaitu,
1. Peranan moral, mahasiswa dituntut suatu tanggung jawab moral terhadap diri mereka sendiri untuk menjalankan kehidupan yang bertanggung jawab yang tentunya sesuai dengan moral yang hidup dalam masyarakat sekitarnya.
2. Peranan sosial, selain tanggung jawab terhadap dirinya, mahasiswa juga memiliki peranan sosial yaitu bahwa keberadaan dan perbuatannya itu bukan hanya bermanfaat untuknya tapi juga harus memberi manfaat kepada lingkungan sekitarnya.
3. Peran intelektual, peran ini tentu sangat erat dengan para mahasiswa yang memiliki intelektual/cendikiawan. Peran ini menuntut mahasiswa dapat memberikan perubahan pada suatu hal dengan menggunakan intelektual mereka yang telah mereka pelajari di Perguruan Tinggi/Universitas.

Dari pengertian serta peran-peran mahasiswa ini membuktikan bahwa mahasiswa adalah pupuk yang dibutuhkan untuk membuat sebuah negara itu tumbuh menjadi lebih baik lagi.

Problematika Mahasiswa :
Menurut Paryati Sudarman dalam bukunya yang berjudul belajar efektif di perguruan tinggi, Problematika yang sering di hadapi mahasiswa ketika belajar di perguruan tinggi adalah:
1) Kejenuhan dan Kemalasan
    Belajar di perguruan tinggi memakan waktu yang tidak sebentar. hal ini sering kali mendatangkan rasa jenuh dan malas belajar. Belum lagi tuntunan kemandirian yang lain yang akan membawa pengaruh terhadap kehidupan psikis.
2) Ketidakmampuan mengelola waktu
    Waktu tak pernah kembali. itulah falsafah waktu. efektifitas belajar di perguruan tinggi sangat bergantung pada bagaimana mahasiswa mengelola waktu tersebut. dengan keterbatasan waktu tersebut mahasiswa dituntut untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.
3) Kurang berminat pada mata kuliah atau dosen tertentu.
    Kurangnya minat pada matakuliah atau dosen tertentu dapat menjadi penghambat mahasiswa dalam belajar di perguruan tinggi. Demikian pula halnya dengan dosen, bila anda tidak suka dengan dosen tersebut,usahakan untuk tetap mengikuti perkuliahannya. Anda tidak mungkin menghindar dari dosen yang bersangkutan. Hilangkan perasaan tidak suka pada dosen tersebut.
4) Keuangan
    Kekurangan dan kelebihan uang akan menjadi problematik selama belajar di perguruan tinggi. kekurangan uang akan menghambat mahasiswa dalam belajar karena tugas-tugas dan masalah yang berhubungan dengan finansial solusinya kurang dapat diatasi tanpa keuangan yang cukup. sebaliknya kelebihan uang pun bisa menjadi masalah bagi mahasiswa. Mahasiswa yang mempunyai banyak uang biasanya cenderung menghambur-hamburkan uang untuk keperluan yang tidak penting (konsumtif). Fasillitas yang tersedia di kota besar sangat banyak, sehingga akan menjadikanya terlena dan lupa akan tugasnya sebagai mahasiswa.
5) Lingkungan pergaulan
    Keberhasilan belajar di perguruan tinggi juga dipengaruhi oleh lingkungan pergaulan anda, jika anda bergaul pada lingkungan yang kondusif, anda tidak akan mengalami hambatan dalam belajar. Tetapi jika anda berada dalam pergaulan yang tidak kondusif, anda akan mengalami hambatan dalam belajar. Tidak sedikit mahasiswa yang mengalami drop out karena pengaruh lingkungan pergaulan.
6) Tempat kost
    Bagi yang berasal dari daerah lain atau kota lain, tempat kost adalah tempat yang sangat menentukan. Ditempat kost itulah anda akan belajar, istirahat dan bahkan bersosialisasi dengan lingkunganya.
7) Cinta dan pergaulan bebas 
     Problematik yang paling krusial yang paling banyak dialami oleh mahasiswa adalah masalah cinta. Jatuh cinta, pacaran , patah hati adalah siklus klasik, yamg hampir semua orang mengalaminya, termasuk mahasiswa. Namun dalam kennyataanya banyak pula mahasiswa yang mengalami hambatan belajar di perguruan tinggi hanya karena cinta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA