Komunikasi dalam Kelompok Organisasi



Komunikasi dalam Kelompok Organisasi

Komunikasi adalah dimana ada dua orang atau lebih yang saling berbagi informasi, berbagi perasaan atau apapun dengan bercakap antar mulut maupun menggunakan alat elektronik. Komunikasi adalah hal yang sangat sering dilakukan, setiap detik/menit/hari pasti kita akan melakukan komunikasi baik secara langsung maupun tak langsung.

Kali ini saya akan membahas tentang komunikasi dalam sebuah kelompok organisasi. Seperti artinya kelompok organisasi adalah sekumpulan orang yang berkerjasama untuk mencapai sebuah tujuan yang sama. Yang dimana pasti mereka akan saling berkomunikasi untuk mencapai tujuan mereka, jika tidak terjadi komunikasi maka tujuan mereka tak akan tercapai bahkan kelompok ini pun tidak akan pernah berdiri. Kenapa? Karena untuk membuat sebuah kelompok pun kita harus berkomunikasi, bagaimana caranya biar orang tersebut percaya dengan kita dan bergabung dengan kelompok kita. Komunikasi adalah hal yang sangat inti dalam kehidupan kita, tanpa ada komunikasi antar manusia mungkin dunia ini akan suram dan sepi, dan pasti tidak akan ada kehidupan.

Bagaimana cara berkomunikasi dalam sebuah kelompok organisasi? Pengalaman saya dalam kegiatan berkelompok ini akan saya bagi menjadi 2 yaitu:


              1.   Kelompok belajar

Kelompok belajar tentunya seperti belajar kelompok untuk belajar maupun mengerjakan tugas. Di kelompok ini komunikasi sangat penting. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi dikelompok ini adalah :
·        Melihat orang-orang yang didalam kelompok tersebut, umur mereka dan cara biacara mereka. Karena dengan hal ini dapat mempermudah kita berkomunikasi dengan anggota dalam kelompok.
·        Menggunakan tutur kata yang baik.
·       Membaca situasi sekitar. Dengan membaca situasi ini kita dapat memulai komunikasi dengan baik tanpa ada ketersinggungan atau apapun yang dapat merusak komunikasi.
·        Menggunakan pakaian yang sopan.

Hal-hal ini sangat penting menurut saya, apalagi ketika baru bertemu. Dalam kegiatan kelompok belajar yang pernah saya ikuti, biasanya komunikasi yang kami lakukan adalah komunikasi non formal biasa saja, tapi tetap sopan dan sesuai dengan aturan. Pengamatan saya komunikasi masih sering disalah gunakan, seperti pada saat belajar kelompok masih ada beberapa orang yang berkomunikasi atau lebih tepatnya mengobrol pada saat yang lain lagi berkomunikasi akan pelajaran. Begitu juga ketika kelompok mengerjakan tugas.

Tidak masalah jika kita mengobrol, tapi ada saatnya kita mengobrol dan bercanda dalam sebuah kelompok belajar.

Masalah selanjutnya ketika kelompok belajar yaitu masih adanya seseorang yang tidak ingin bicara atau berkomunikasi maupun memberikan pendapatnya. Dia lebih milih ikut alur saja tanpa memberikan pendapatnya maupun tak berkomunikasi dengan anggota lainnya. Entah kenapa hal ini pasti akan terjadi. Faktor utamanya dikarenakan gengsi dan malu. Sifat ini harus dihilangkan, karena sangat berbahaya. Kenapa berbahaya? Karena jika sifat ini terus menempel kepada seseorang, kemungkianan orang itu tidak dapat berkomunikasi lancar dengan orang lain dan akhirnya mudah ditipu. Maka dari itu komunikasi itu sangatlah penting dalam kehidupan kita.



2.  Kelompok organisasi

Sesuai dengan namanya kelompok ini adalah kelompok yang menyangkut organisasi seperti OSIS (SMA/MAN) dan BEM (Universitas), PMI, RISMA(SMA/MAN) / FARIS(UG), dll. Di kelompok ini saya akan membahas komunikasi dalam organisasi OSIS atau BEM organisasi yang resmi dalam Sekolah/Universitas. Komunikasi secara formal adalah komunikasi yang pasti digunakan dalam organisasi ini seperti saat rapat atau berhadapan dengan kakak tingkat, maupun pembina dan anggota yang lebih tua. Karena organisasi ini merupakan organisasi yang resmi dibuat oleh Sekolah/Universitas tersebut.

Banyak sekali yang harus diperhatikan berkomunikasi dalam kelompok ini, karena organisasi resmi ini menjadi contoh kepada siswa/i yang berada dilingkungan tersebut. Salahnya tata cara seorang anggota organisasi ini dapat mencemarkan nama baik organisasi.

Masalah yang biasanya terjadi hampir sama dengan kelompok belajar yang berbeda dan masih sering saya lihat adalah masih banyaknya anggota dari organisasi ini berkomunikasi dengan kata-kata yang kurang sopan dengan siswa/i yang membuat siswa/i menjadi tidak menyukai organisasi tersebut hanya karena satu orang saja. Dan hal ini adalah hal yang sangat vatal dan berbahaya untuk organisasi tersebut.



Dari semua hal yang saya jelaskan diatas dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Salahnya berkomunikasi dapat berdampak sangat buruk bagi kita maupun orang terdekat kita. Maka dari itu kita harus berkomunikasi, bukan hanya komunikasi yang asal komunikasi melainkan menggunakan tata cara berbahasa yang benar dan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA