Bahasa Pemrograman Visual Basic dan Delphi

Bahasa pemrograman (bahasa pemrograman) adalah instruksi standar untuk memerintah komputer yang memiliki fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini adalah satu set aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer.

Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan mana yang data yang akan diproses oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan / diteruskan, dan langkah-langkah apa yang persis jenis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Visual Basic dan Delphi adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek atau dalam bahasa kita memiliki bentuk dan tampilan. Dua bahasa pemrograman ini merupakan bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat aplikasi sederhana, seperti perhitungan atau aritmatika, program gaji, program pemasaran dan sebagainya. Karena berorientasi objek, dau bahasa pemrograman ini mudah untuk dipelajari bagi pemula.

1. Sejarah

a. Sejarah Visual basic
Bahasa pemrograman yang paling awal dirancang pada tahun 1950-an dan dibuat semata-mata untuk memecahkan masalah matematika yang kompleks. Pada tanggal 1 Mei 1964, penemu bahasa BASIC, yaitu Profesor John G. Kemeny dan Thomas E. Kurtz di Dartmouth College di New Hampshire menjalankan pertama kali program BASIC. Bahasa BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) merupakan bahasa tingkat tinggi yang berbentuk interpreter, yang memungkinkan untuk mengoperasikan komputer secara interaktif, program dapat ditulis, dijalankan, diubah dan dijalankan lagi tanpa harus melalui tahap kompilasi seperti pada bahasa tingkat tinggi lainnya yang berbentu compiler. Bahasa ini dirancang khusus untuk memudahkan tugas belajar memprogram.
Pada tahun 1986, Dr. Bjarne Stroustrup meluncurkan bukunya yang sangat berpengaruh dengan judul The C++ Programming Language sebagai tanda dimulainya era pemrograman berorientasi objek (Object Programming Language -OOP).

Pada 1991, ketika Microsoft memperkenalkan Visual Basic versi 1.0. Sistem pemrograman Visual Basic mengemas kerumitan Windows dengan cara yang benar-benar menakjubkan. Sejumlah besar pemrogram yang kesulitan untuk mempelajari C++ atau pemrogram yang membutuhkan bahasa pemrograman yang lebih mudah dan lebih produktif untuk lingkungan Windows 3.0, dapat dengan mudah dan sukses pindah ke Visual Basic.

Perjalanan Visual Basic : VB 1.0, VB 2.0, VB 3.0, VB 4.0,VB 5.0, VB 6.0, VB 7.0, VB 8.0, Visual Basic 2005 Express, VB 9.0, dan yang sekarang VB 10.0.

b. Sejarah Delphi
Sejarah munculnya delphi dimulai dengan ide brilian Prof. Niclaus Wirth yang mengemukakan paparan tentang Struktur Data dan Algoritma (Algorthm and Data Structure). Prof. Niklaus Wirth menerjemahkan paparan ini yang kemudian dikristalisasi ke dalam bahasa yang populer dan digunakan pertama kalinya sebagai bahasa yang berorientasi pada hal-hal yang Science dan Ilmiah yaitu Pascal.
 
Perjalanan Delphi : Borland Delphi, Borland Delphi 1, Borland Delphi 2, Borland Delphi 3, Borland Delphi 4, Borland Delphi 5, Kylix, Borland Delphi 6, Borland Delphi 7, Borland Delphi 8, Borland Delphi 2005, Borland Delphi 2006, Borland Delphi 2007, Borland Delphi 2009, Embarcadero Delphi 2010, dan yang terakhir Embarcadero Delphi XE .

2. Perbedaan Visual Basic dan Delphi

Visual Basic menggunakan bahasa BASIC dalam codingannya, sedangkan Delphi menggunakan bahasa PASCAL. Dibandingkan dengan Delphi, VB lebih mudah dipelajari dan programnya mudah untuk diolah. Karena menggunakan bahasa PASCAL, bahasa yang kurang dipahami dan membutuhkan waktu untuk memahami bahasa PASCAL, delphi jarang digunakan untuk membuat program sederhana bagi para pemula.
 
Daftar Pustaka
1. http://suyantoalazfadl.blogspot.co.id (pengertian-sejarah-dan-konsep dasar)
2. http://12650048-imk.blogspot.co.id/ (sejarah-bahasa-pemrograman-delphi )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA