A.I.Artifical Intelligence


Film yang dirilis tahun 2001, merupakan film science fiction dari Amerika. Di awal film ini bercerita tentang seorang professor yang menciptakan sebuah robot yang menyerupai manusia. Robot yang dapat melihat, mendengar, berbicara, dan memiliki perasaan dan indera perasa yang sama persis dengan manusia.

Film ini merupakan film interaksi manusia dan robot yang merupakan mesin yang diciptakan oleh manusia menggunakan program dan memiliki bentuk. Dunia yang dimana manusia dan robot itu berteman, bersahabat, dan sangat dekat sekali hubungan mereka. Hingga, sebuah konflik terjadi didalam cerita tersebut. Tokoh utama yang seorang robot  berupa manusia atau bisa disebut AI(Artifical Intelligence). Tokoh utama  merupakan robot yang spesial, dimana sifat dan sikapnya menyerupai manusia, dapat merasakan sakit ,dan memiliki perasaan yang sama dengan manusia. Inilah awal konflik dari film ini mulai terjadi, karena robot itu memiliki perasaan.

Konflik lain pun mulai terjadi di film ini. Kehidupan yang mulai ketergantungan akan robot yang dapat membantu kerja manusia, membuat beberapa kelompok manusia pembenci robot. Yang ingin menghancurkan robot, karena robot telah mengganggu manusia dan mudah rusak dan yang lainnya. Membuat para manusia pembenci robot ini ingin menghancurkan semua robot walaupun robot tersebut masih bagus, karena kebencian mereka dengan robot ini.

Di film ini berkaitan dengan pelajaran yang sedang saya pelajari yaitu Interaksi Manusia dan Komputer. Film yang menceritakan interaksi manusia dengan komputer yaitu robot, yang menceritakan beberapa manfaat dari robot(komputer) tersebut, bagaimana manusia dapat berinteraksi dengan robot(komputer),dan kelemahan dalam berinteraksi dengan robot(komputer).
 
Walau film ini adalah fiksi, tapi dapat diambil beberapa pelajaran kepada kita penggambaran ketika manusia berinteraksi dengan robot yang menyerupai manusia ini. Bisa kita lihat di dalam film, interaksi yang dilakukan manusia tersebut dengan robot, yaitu :
1. Program pada robot di install informasi yang akan digunakan.
2. Interaksi mulut, percakapan antara manusia dan robot.
3. Interaksi melalui indera peraba dan perasa, yang dimana robot ini diprogram dapat merasakan suhu tubuh manusia walau tidak dapat merasakan bentuk tapi dia dapat merasakan sakit jika disakiti.

Dan masih banyak interkasi yang terjadi antara manusia dan robot dalam film ini, karena saya hanya menangkap 3 interkasi saja didalam film ini.
 
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA