Car Free day

Apa itu CFD?

CFD adalah singkatan dari Car Free day, hari dimana tidak ada kendaraan yang mengeluarkan polusi dihari itu. Semua kendaraan, terutama mobil di non aktifkan atau diistirahatkan.Hari bagi para pekerja menikmati alam dengan berjalan kaki, mengisi hari dengan berolahraga dan melatih badan yang kaku karena banyaknya pekerjaan.

CFD biasanya dikenal oleh warga di kota-kota besar, yang dilakukan pada hari minggu yaitu hari libur dan hari istirahat semua orang. Karena di kota-kota besar jumlah kendaraan maupun penduduknya banyak serta bangunan tinggi yang banyak. Membuat semua orang tidak dapat menikmati alam seperti di pedesaan, maka dibuatlah CFD untuk mereka para pekerja dan penduduk perkotaan. Walau tidak mendapatkan suasana alam yang asri, setidaknya dapat merasakan bebas polusi dalam satu hari seminggu.

Manfaat CFD itu banyak, terutama bermanfaat untuk tubuh kita. CFD adalah ajang untuk berolahraga, berlari-lari kecil, senam dan olahraga lainnya. Bukan hanya untuk berolahraga, CFD menjadi tempat untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman yang mungkin tidak dapat kita rasakan di hari-hari biasa.

   
SEJARAH CAR FREE DAY

Car Free Day adalah sebuah kegiatan kampanye untuk mengurangi tingkat pencemaran udara di kota-kota besar di seluruh dunia yang disebabkan oleh kenderaaan bermotor. Bermula pada tanggal 25 November 1956, Belanda melaksanakan Car Free Day setiap hari Minggu, kemudian Francis pada tahun tahun 1995 melaksanakan pesta memperingati Green Transport Week di kota Bath, semua masyarakat turun ke jalan untuk merayakan acara tersebut. Inilah perjalanan panjang sejarah kegiatan Car Free Day , yang pada akhirnya kegiatan ini diperingati setiap tanggal 22 September di seluruh dunia.

Kegiatan Car Free Day pertama kali dilaksanakan tahun 2001 di Jl Imam Bonjol yang saat itu dilakukan penutupan jalan setelah beraudiensi dengan pihak kepolisian dan diputuskan oleh Irjen Pol Djoko Susilo untuk melakukan penutupan jalur sudirman - Thamrin dan  pada saat hari bumi dan dilanjutkan tanggal 22 September 2002 yang berlangsung dengan sukses, dimana pada saat itu KPBB dan para aktifis lingkungan hidup bersama masyarakat mengkampanyekan penghapusan penggunaan bensin bertimbel. Maka dicetuskanlah untuk melakukan kegiatan Car free day yang pada awalnya kegiatan ini hanya sebatas kampanye semata, untuk mengingatkan para pemilik kendaraan bermotor pribadi agar lebih bijak dalam pemakaian kendaraan pribadinya. Setahun berikutnya, tepatnya pada tanggal 21 September 2003, Pelaksanaan Car Free Day mulai menyebar keseluruh penjuru dunia. Perayaan kegiatan car free sedunia serempak dilaksanakan oleh 1500 kota di dunia termasuk Jakarta, dihadiri 112 juta manusia .

Pada tahun 2004 kegiatan memperingati Car Free Day Sedunia diselenggarakan oleh MEB (Mitra Emisi Bersih) bersama –sama dengan, Pemerintah provinsi DKI, Kementerian Lingkungan Hidup RI, KPBB, Polda Metro Jaya BPLHD DKI, Dishub DKI, Swisscontact, Pelangi, Walhi Jakarta, Infotrans, Kancil Indonesia, ENSY, Mapalabi, Kempala UT, KMPLHK Ranita UIN Jakarta dan para aktivis lingkungan. Berbagai kegiatan perlombaan dan acara variety show memeriahkan suasana Car Free Day yang berlangsung pada hari Minggu tanggal 26 September 2004. Lokasi Car free day dimulai dari Bunderan Ratu Plaza ( Jend. Sudirman) – Patung Arjuna (Jl. MH Thamrin) dengan titik sentral di Bundaran Hotel Indonesia. Waktu Penutupan dimulai pukul 00.05 s/d 15.00 WIB, dengan menutup jalur cepat (kecuali jalur lambat dan jalur Bus Way).

Pelaksanaan pada tahun 2004 , Dengan thema “ KENDARAAN BEBAS EMISI, HIDUP SEHAT TANPA POLUSI” penyelenggaran Car Free Day dilaksanakan sekaligus pengukuran kualitas udara selama 2 minggu (17 Septembers/d 2 Oktober 20004). Pada tanggal 19 September 2004, 22 September 2004 dan pada waktu pelaksanaan tanggal 26 September 2004 , lokasi alat pengukuran kualitas udara berada di bawah layar Video Tron, Bundaran Hotel Indonesia. Parameter yang diukur adalah PM10, SO2, NO, NO2, CO dan O3. Hasilnya terlihat jelas peningkatan membaiknya kualitas udara pada hari pelaksanaan Car Free Day. (karya Ersada).

Daftar Pustaka :
http://www.carfreedayindonesia.org/index.php/sejarah-cfd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA