Budaya Indonesia


http://www.anneahira.com/images_wp/suku-budaya.jpg

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. 


Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Budaya Indonesia

Indonesia memiliki beragam budaya, memiliki 13.487 pulau besar dan kecil. 5 pulau besar, yaitu: Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Bersuku-suku dan memiliki adat yang berbeda, namun tetap satu yaitu Indonesia. Budaya di Indonesia sangat banyak, terdiri dari religi & Budaya di Indonesia sangat banyak, terdiri dari religi &upacara , organisasi sosial, pengetahuan, bahasa, kesenian, mata pencaharian, dan teknologi & peralatan. Begitu banyak budaya di Indonesia yang mungkin tidak dapat dijelaskan secara keseluruhan. Di tulisan ini saya akan menjelaskan budaya Indonesia dalam hal kesenian.

Kesenian Budaya Indonesia
a. Alat Musik
 Alat musik budaya Indonesia yang telah dikenal oleh dunia yaitu angklung. Alat musik yang terbuat dari bambu dan dibentuk hingga dapat menegluarkan nada.

b. Pertunjukkan
 Pertunjukkan budaya Indonesia yang telah dikenal oleh dunia yaitu wayang. Wayang adalah orang-orangan yang dibuat berbentuk para ksatria jawa yang dimainkan menjadi sebuah drama.
 
c. Seni tari
 Tari saman adalah tari budaya Indonesia yang berasal dari Aceh.

d. Bagunan
 Di Indonesia banyak bangunan adat, seperti Rumah Gadang dari Sumatera Barat(Padang) dan Tongkonan rumah adat Tana Toraja, dan masih banyak lagi rumah adat yang dimiliki Indonesia.

e. Relief
 
f. Tata Rias
 
g. Drama
 
h. Sastra

i. Vokal
  Seperti sinden adalah vokal khas dari Indonesia yang berasal dari daerah Jawa.
 
j. Musik
 
k. Seni Patung

Masih banyak kesenian budaya Indonesia yang tidak dapat saya jelaskan satu per satu.

Daftar Pustaka :
1. http://kebudayaanindonesia.net/
2. http://duniabaca.com/definisi-budaya-pengertian-kebudayaan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA