Peranan dan Fungsi Bahasa Indonesia


Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sangat penting dalam membentuk persatuan dan kesatuan di Indonesia. Bukti nyatanya terletak pada ikrar ketiga Sumpah Pemuda 1928 yang berbunyi "Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahas persatuan, bahasa Indonesia." Hal ini kemudia ditegaskan kembali dalam Undang-Undang Dasar RI 1945 Bab XV (Bendera, Bahasa, dan lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan) Pasal 36 menyatakan bahwa "Bahwa Negara ialah Bahasa Indonesia."

Kedudukan Bahasa Indonesia

Kedudukan bahas Indonesia terbagi menjadi dua, yakni sebagai bahasa nasional dan bahasa negara. Sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia berfungsi sebagai lambang kebangsaan nasional, lambang identitas nasional, alat pemersatu, dan alat penghubung antar budaya antardaerah. Sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia berfungsi sebagai bahasa resmi kenegaraan, bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan, bahasa resmi dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintahan, dan bahasa resmi dalam perkembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern.

Fungsi Bahasa Indonesia

Bahasa memiliki dua fungsi. Fungsi ini terbagi ke dalam fungsi umum dan fungsi khusus.

a. Fungsi Umum
1.) Sebagai alat untuk mengungkapkan perasaan atau mengekspresikan diri
Melalui bahasa kita dapat menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam hati dan pikiran kita.

2.) Sebagai alat komunikasi
Bahasa merupakan sarana agar apa yang ingin disampaikan kepada orang lain dapat diterima dan dipahami.

3.) Sebagai alat berinteraksi dan beradaptasi sosial
Pada saat beradaptasi di lingkungan sosial, seseorang akan memilih bahasa yang digunakan tergantung situasi dan kondisi yang dihadapi.

4.) Sebagai alat kontrol sosial
Bahasa sering sekali dikaitkan dengan kepribadian seseorang. Bagaimana seseorang menggunakan bahasa akan terlihat bagaimana pandangan hidupnya.
b. Fungsi Khusus

1.) Mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari
Manusia adalah makhluk sosial yang tak terlepas dari hubungan komunikasi dengan makhluk sosialnya. Komunikasi yang berlangsung menggunakan Bahasa formal dan Bahasa nonformal.

2.) Mewujudkan seni (Sastra)
Bahasa tidak hanya sebagai alat komunikasi belaka, namun ia juga merupakan alat untuk mewujudkan seni, dalam hal ini karya sastra.

3.) Mempelajari bahasa-bahasa kuno




DAFTAR PUSTAKA
1. Buku BAHASA INDONESIA (untuk Mahasiswa S1 & pascasarjana, Guru, Dosen, Praktisi, dan Umum), Dr. Ade Hikmah, M.Pd. Dr. Nani Solihati, M.Pd. Penerbit PT Grasindo, anggota Ikapi, Jakarta, 2013.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA