Jaringan Komputer

Apa itu jaringan komputer?
Jaringan komputer adalah gabungan antar teknologi computer dan teknologi telekomunikasi. Gabungan teknolohi melahirkan pengolahan data yang dapat didistribusikan, mencakup pemakaian databse, software aplikasi dan peralatan hardware secara bersama, sehingaa penggunaan komputer yang sebelumnya hanya berdiri sendiri, kini telah diganti dengan sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dengan melaksanakan tugasnya, sistem inilah yang disebut jaringan komputer.

Jaringan komputer secara geografis dibedakan menjadi tiga kelompok:

1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) merupakan jaringan bersifat internal dan biasanya milik pribadi di dalam sebuah perusahaan kecil atau menengah. Jaringan ini hanya dapat berjalan pada satu bangunan saja, karena jaringan ini jangkauannya hanya beberapa kilometer saja.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jaringan yang menggunakan teknologi yang sama dengan LAN, hanya saja jangakauan jarinagnnya lebih luas dibandingkann dengan LAN.

3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan yang jangakauannya mencakup daerah geografis yang lebihluas, seringkali mencagkup sebuah Negara bahka benu.



Daftar Pustaka :
Buku "isntalasi dan konfigurasi Jaringan Komputer" penerbit INFORMATIKA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA