Tugas 1 Bahasa Indoneisa 2

1.) Jelaskan dengan contoh "Penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar!"
Jawab :

Bahasa yang Baik

Penggunaan bahasa dengan baik menekankan aspek komunikatif bahasa. Hal itu berarti bahwa kita harus memperhatikan sasaran bahasa kita. Kita harus memperhatikan kepada siapa kita akan menyampaikan bahasa kita. Oleh sebab itu, unsur umur, pendidikan, agama, status sosial, lingkungan sosial, dan sudut pandang khalayak sasaran kita tidak boleh kita abaikan. Cara kita berbahasa kepada anak kecil dengan cara kita berbahasa kepada orang dewasa tentu berbeda. Penggunaan bahasa untuk lingkungan yang berpendidikan tinggi dan berpendidikan rendah tentu tidak dapat disamakan. (situs : Staffsite.gunadarma.ac.id).

Bahasa yang Benar

Bahasa yang benar berkaitan dengan aspek kaidah, yakni peraturan bahasa. Berkaitan dengan peraturan bahasa, ada empat hal yang harus diperhatikan, yaitu masalah tata bahasa, pilihan kata, tanda baca, dan ejaan. Pengetahuan atas tata bahasa dan pilihan kata, harus dimiliki dalam penggunaan bahasa lisan dan tulis. Pengetahuan atas tanda baca dan ejaan harus dimiliki dalam penggunaan bahasa tulis. Tanpa pengetahuan tata bahasa yang memadai, kita akan mengalami kesulitan dalam bermain dengan bahasa.  (situs : Staffsite.gunadarma.ac.id).

Dilihat dari pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa bahasa yang baik dan benar adalah bahasa yang tata bahasanya benar dan harus memperhatikan sasaran bahasa kita untuk menyesuaikan bahasa yang akan digunakan.

Contoh penggunaan bahasa indonesia secara baik dan benar,

1. Seorang ibu meminta tolong kepada anaknya untuk membeli sayur ke pasar.
Ibu     : " Nak, tolong beli sayur di pasar!"
Anak  : " Baik ibu. Sayur apa yang mau dibeli? "
Ibu     : " Sayur bayam dan kangkung "
Anak  : " Baiklah "

2. Ketika di pasar anak membeli sayur kepada seorang bapak-bapak.
Anak   : " Permisi pak, saya mau membeli sayur bayam dan kangkung ".
Bapak  : " oh iya, mau berapa ikat?".
Anak   : " 2 ikat, pak".
Bapak  : " Ini nak, terimkasih".
Anak   : " Sama-sama, pak".

3. Perjalanan pulang anak tidak sengaja ditabrakan oleh seorang anak kecil.
Anak           : " aduh ".
Anak kecil  : " Maaf kak, say atidak sengaja ".
Anak           : " Iya tidak apa-apa, lain kali hati-hati ya".
Anak kecil  : " Iya kak ".

Dari 3 contoh tersebut bagaimana seorang anak yang berbicara dengan orang yang lebih tua dan lebih muda dari dia. Semua bahasanya sama menggunakan bahasa yang baik dan benar.


2.) Berikanlah contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi di dunia pendidikan!
   Jawab :

Bahasa sebagai alat komunikasi yang digunakan dimana pun dan kapan pun. Dengan bahasa kita dapat berkomunikasi dengan cara lisan dan tulisan. Bahasa mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan seseorang yang belum kita kenal, tentunya dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Di dalam dunia pendidikan bahasa sangat bermanfaat, seperti seorang guru yang akan mengajarkan sebuah pelajaran kepada muridnya. Yang pertama kali guru itu lakukan sebelum mengajar yaitu dia harus memilih Bahasa yang akan dia gunakan saat mengajar, karena beda murid beda bahasa yang digunakan. Jika murid itu adalah murid SD tentunya dia harus menggunakan bahasa yang baik, benar dan mudah dipahami oleh murid tersebut, begitu juga dengan murid yang SMP, SMA dan diatasnya lagi.

Fungsi lain bahasa di dunia pendidikan yaitu untuk menyatukan seorang siswa dengan siswa, siswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan mahasiswa, maupun siswa dengan guru atau mahasiswa dengan dosen. Bagaimana menyatukan mereka? tentunya dengan menggunakan bahasa yang dapat mempersatukan mereka. Dari seseorang yang tidak dikenal menjadi kenalan.

Contoh seorang guru sedang mengajarkan murid SD,

Guru   : " Selamat pagi, murid-murid"
Murid : " Pagi, bu".
Guru   : " Hari ini kita akan belajar matematika, silahkan buka buku kalian ".
Murid : " baik, bu".
           : " halaman berapa ibu?".
Guru   : " Halaman 21".
           : " Sudah di buka semua?".
Murid : " Sudah, bu".
Guru   : " Baiklah, mari kita mulai pelajaran hari ini ".

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA