Pemimpin hebat yang mengubah Dunia



Pemimpin hebat yang mengubah dunia adalah seseorang yang sangat cerdas dan hebat dalam mencapai tujuannya dan sangat pintar dalam hal mempengaruhi anggotanya. Sebelum membahas ini, saya akan menjelaskan tentang apa itu " Kepemimpinan "?

 KEPEMIMPINAN


1.)  Pengertian Kepemimpinan
   
   Kepemimpinan yaitu kegiatan atau seni mempengaruhi orang lain agar mau bekerjasama yang didasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk membimbing orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok (Menurut Tead; Terry; Hoyt (dalam Kartono, 2003) ).

   Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mengajak orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan (Davis).

Dari definisi kepemimpinan diatas dapat disimpulkan bahwa kepimpinan adalah kemampuan dimana seseorang dapat mempengaruhi atau mengatur bawahannya/anggotanya untuk mencapai suatu tujuan yang sama. 

2.)  Macam-macam dan Jenis-jenis Kepemimpinan

a. Macam-Macam Gaya Kepemimpinan:

1. Gaya Kepemimpinan Otoriter / Authoritarian
 --> gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan.

2. Gaya Kepemimpinan Demokratis / Democratic
 --> gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.
3. Gaya Kepemimpinan Bebas / Laissez Faire
 --> Pemimpin jenis ini hanya terlibat delam kuantitas yang kecil di mana para bawahannya yang secara aktif menentukan tujuan dan penyelesaian masalah yang dihadapi.

b. Jenis-jenis Kepemimpan, antara lain yaitu :

1.Demokratis
Kepemimpinan jenis ini mengedepankan pendapat dari anggota untuk mengambil keputusan sehingga setiap masalah diselesaikan dengan cara musyawarah dan mufakat. Kelemahan dari kepemimpinan jenis ini adalah jika seorang pemimpin tidak dapat mengambil keputusan dengan tepat dan terjadi kontra antar anggota.

2.Afiliatif
Kepemimpinan afiliatif adalah seorang pemimpin yang memberikan jalan bagi anggotanya untuk bertindak. Kelemahan dari teori ini adalah anggotanya akan merasa ketergantungan kepada pemimpinnya.

3.Otoritatif
Jenis pemimpin ini bukan jenis pemimpin yang otoriter, akan tetapi pemimpin yang mendapatkan kekuasaan dengan persetujuan dan kejelasan visi yang ia paparkan. Pemimpin jenis ini memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan mudah mempengaruhi orang lain untuk bekerja sama. Otoratif juga memiliki kekurangan yaitu saat organisasi yang dipimpinnya memerlukan keputusan yang cepat dan tepat dalam keadaan yang mendesak.

4.Coaching
Pemimpin jenis coaching ini menuntut anggotanya untuk berkembang sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki masing-masing anggota. Karena pemimpin berpendapat bahwa dengan berkembangnya anggota maka akan berkembang pula organisasi yang dipimpinnya. Kelemahan dari kepemimpinan jenis ini adalah seorang pemimpin memerlukan waktu yang lama untuk mengembangkan anggotannya satu-persatu karena setiap individu berbeda-beda sehingga perlu diadakan pembicaraan secara langsung dengan anggota satu persatu.

5.Pacesetting
Jenis kepemimpinan pacesetting menyatakan bahwa seorang pemimpin membutuhkan atau menuntut kesempurnaan dari anggotanya. Seorang pemimpin akan mengambil alih tugas dari anggotanya apabila apa yang dikerjakan tidak sesuai dengan standar yang ia tetapkan. Kelemahan dari jenis kepemimpinan ini adalah jika anggotanya adalah orang yang tidak suka berkembang atau sulit memotivasi diri maka anggota merasa tidak dianggap oleh pemimpin dan menjadi malas untuk mengerjakan tugasnya dan pada akhirnya hanya akan diganti dengan yang lain. Kelebihan dari jenis ini adalah apa yang dilakukan oleh anggota dari organisasi selalu sempurna. Karena sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pemimpin.
Sudah membahas akan kepemimpinan, pengertian, macam-macam dan jenis-jenis kepemimpinan tersebut. Saya akan membandingkan 2 pemimpin yang telah banyak mengubah dunia, yaitu antara Seokarno ( Indonesia ) dan Nelson Mandela ( Afrika Selatan ) :

Ir. Soekarno

Nama lahir      : Koesno Sosrodihardjo
Nama lengkap : Dr. Ir. Soekarno (bacaan: Sukarno)
Nama akrab     : Bung Karno / Pak Karno
Agama             : Islam
Tempat & Tgl lahir : Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901
Tempat & Tgl meninggal : Jakarta, 21 Juni 1970
Ayah : Raden Soekemi Sosrodihardjo
Ibu    : Ida Ayu Nyoman Rai
Istri : - Oetari (1921–1923)
        - Inggit Garnasih (1923–1943)
        - Fatmawati (1943–1956)
        - Hartini (1952–1970)
        - Kartini Manoppo (1959–1968)
        - Ratna Sari Dewi (1962–1970)
        - Haryati (1963–1966)
        - Yurike Sanger (1964–1968)
        - Heldy Djafar (1966–1969)
Anak : - Guntur Soekarnoputra
           - Megawati Soekarnoputri
           - Rachmawati Soekarnoputri
           - Sukmawati Soekarnoputri
           - Guruh Soekarnoputra (dari Fatmawati)
           - Taufan Soekarnoputra
           - Bayu Soekarnoputra (dari Hartini)
           - Totok Suryawan (dari Kartini Manoppo)
           - Kartika Sari Dewi Soekarno (dari Ratna Sari Dewi)
Profesi : Insinyur , Politikus
Kebangsaan : Indonesia

Kelebihan Seoekarno yang mengubah dunia terutama Indonesia :

1. Soekarno diantara Pemimpin Dunia
    Ia aktif dalam usaha persiapan kemerdekaan Indonesia, diantaranya adalah merumuskan Pancasila, UUD 1945 dan dasar dasar pemerintahan Indonesia termasuk merumuskan naskah proklamasi Kemerdekaan. Ia sempat dibujuk untuk menyingkir ke Rengasdengklok Peristiwa Rengasdengklok.
2. Masa Perang Revolusi
   Soekarno menetapkan moment tepat untuk kemerdekaan Republik Indonesia yakni dipilihnya tanggal 17 Agustus 1945 saat itu bertepatan dengan bulan Ramadhan, bulan suci kaum muslim yang diyakini merupakan bulan turunnya wahyu pertama kaum muslimin kepada Nabi Muhammad SAW yakni Al Qur-an. Pada tanggal 18 Agustus 1945, Soekarno dan Mohammad Hatta diangkat oleh PPKI menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Pada tanggal 29 Agustus 1945 pengangkatan menjadi presiden dan wakil presiden dikukuhkan oleh KNIP.Pada tanggal 19 September 1945 kewibawaan Soekarno dapat menyelesaikan tanpa pertumpahan darah
3. Masa Kemerdekaan
  Presiden Soekarno juga banyak memberikan gagasan-gagasan di dunia Internasional. Keprihatinannya terhadap nasib bangsa Asia-Afrika, masih belum merdeka, belum mempunyai hak untuk menentukan nasibnya sendiri, menyebabkan presiden Soekarno, pada tahun 1955, mengambil inisiatif untuk mengadakan Konferensi Asia-Afrika di Bandung yang menghasilkan Dasa Sila.

4. Soekarno juga merupakan tokoh yang disegani pemimpin-pemimpin dunia salah satunya presiden Venezuela Hugo Chavez adalah sosok yang sangat mengagumi sosok Presiden Soekarno dan mungkin ia salah satu presiden yang terbaik yang pernah ada.
5. Salah satu tokoh panutan dan tokoh yang berpengaruh di dunia, dia berintergritas tinggi,disiplin,semangat perjuangan,dan memberikan peran besar dalam berkembangnya negara-negara di dunia contoh: kuba,india,dll.

Nelson Mandel

Nama Lengkap: Nelson Rolihlahla Mandela 
Alias: Nelson Mandela | Madibaa 
Tanggal Lahir: Kamis, 18 Juli 1918 
Tempat Lahir: Mvezo, Afrika Selatan 
Meninggal: Jumat, 5 Desember 2013 
Zodiac: Cancer Kewarganegaraan: Afrika Selatan 
Istri: - Evelyn Ntoko Mase
         - Winnie Madikizela
         - Graça Machel 
Ayah: Gadla Henry Mphakanyiswa







Kelebihan Nelson Mandel di dunia :
1. Tidak Ada Pertumpahan Darah
Karena penolakan terhadap kekerasan di dalam proses politik, hal ini membuat Mandela dianugerahi oleh Nobel Perdamaian tahun 1993.

2. Jalan Politik yang Berbeda
Karena Mandela, jalan politik di Afrika Selatan menjadi demokrasi, membawa satu konstitusi paling berpengaruh. Membolehkan orang kulit hitam, tidak hanya boleh melakukan pemungutan suara tapi juga dapat mencalonkan diri sebagai pemimpin.

3. Pemimpin Dunia
Tahun 1994, Mandela disebut-sebut sebagai pemimpin dunia yang membuat negara berpelangi, dan bukan lagi dilihat sebagai dunia yang hina.

4. Damai dan Pengampunan
Pengaruh Mandela terbesar di Afrika Selatan adalah menghentikan kemarahan dari kejahatan masa lalu, termasuk 27 tahun dia dipenjara. Kunci dari hal ini terlihat dari terbitnya Truth and Reconciliation Commision (Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi) tahun 1995 yang melacak sejarah kekerasan kemanusiaan dan menyediakan tempat untuk keluhan.

5. Kekuatan Budaya
Bersamaan dengan cricket, rugby menjadi permainan yang biasanya hanya dimainkan oleh orang kulit putih. Namun pada tahun 1995 juga, Afrika menjadi tuan rumah Rugby World Cup – perayaan pertama yang diadakan sejak era ras berhenti. Tim mereka mampu merebut kemenangan.

6. Jiwa yang Baik Hati
Mandela merupakan kunci hukum karena pekerjaan amalnya. Dia menciptakan Nelson Mandela Foundation, the Nelson Mandela Children"s Fund, dan 46664 (bagi penderita HIV-AIDS yang namanya diambil dari nomornya sewaktu di penjara). Anaknya meninggal dunia karena menjadi korban AIDS. Cerminan kehidupan Mandela mengakar di hati setiap orang yang pernah melihat apa yang dia lakukan, yang pernah mendengar ketulusan hatinya memerangi ras, dan terutama mereka yang merasakan dampaknya secara langsung. Dia membuat dunia menjadi pelangi yang indah, tidak hanya satu warna saja.





DAFTAR PUSTAKA

http://belajarpsikologi.com/pengertian-kepemimpinan-menurut-para-ahli/
https://nsvn.wordpress.com/2014/01/12/pengertian-leadership-macam-macam-kepemimpinan-perbedaan-teamwork-dan-kelompok-pengertian-pemimpin-ideal-faktor-yang-mempengaruhi-gaya-kepemimpinan-pengertian-dan-syarat-komunikasi-cara-menyeles/
http://www.academia.edu/6807356/Kepemimpinan
http://www.cicikresticonsultant.com/jenis-jenis-kepemimpinan/
http://ndre99.blogspot.com/2013/05/7-tokoh-indonesia-yang-mengubah-dan.html
http://kangeryu.blogspot.com/2014/01/biografi-singkat-nelson-mandela.html
http://www.jawaban.com/read/article/id/2013/12/07/90/131206165638/6-Hal-yang-Dilakukan-Nelson-Mandela-Mengubah-Afrika-Selatan
http://info-biografi.blogspot.com/2010/02/ir-soekarno.html
http://brothersbloggerindonesia.blogspot.com/2013/03/biografi-lengkap-ir-soekarno-presiden.html
http://riskawuni.blogspot.com/2010/03/quotes-bung-karno-yang-sanggup-mengubah.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA