Pentingnya Mengolah Kata


# Kata adalah kumpulan huruf-huruf yang mempunyai makna.
  Dari kumpulan beberapa kata lahirlah sebuah kalimat yang memiliki makna dan pengertian yang lebih banyak dan jelas.

 " Pentingnya Mengolah Kata ", maksud dari judul ini yaitu dimana mengolah kata-kata itu sangat penting. Terutama pada saat bercakap-cakap melalui sms atau sosial media yang biasa digunakan dizaman sekarang yang mempermudah seseorang untuk berkomunikasi secara tulisan. 

Yang dimana ditahun 90an orang-orang masih menggunakan surat untuk berkomunikasi secara tulisan dan hal itu membutuhkan waktu yang sangat lama untuk pengirimannya. Di zaman yang modern ini tulisan sangat mudah kita kirim, tidak seperti zaman dulu.

Baiklah kali ini saya akan berbagi opini atau pendapat saya tentang pentingnya mengolah kata.

Di zaman ini pasti semua orang sering menggunakan tulisan untuk berkomunikasi, karena komunikasi ini tidak terlalu menyusahkan dan mengeluarkan tenaga yang besar seperti kita tidak perlu bersusah payah mengeluarkan suara (irit suara) dan paling menguntungkan, kita tidak perlu mengeluarkan biaya pulsa atau uang yang lebih untuk melakukan komunikasi dengan tulisan.

Komunikasi dengan tulisan ini bisa kita gunakan untuk komunikasi dengan orang lebih tua, muda maupun seumuran. Kata-kata atau kalimat yang kita gunakan pastilah berbeda.
Contohnya :
1. Jika kita smsan dengan orang yang lebih tua
   Kita akan menggunakan kata-kata yang sopan dan tentu kita lebih teliti mengolah kata-katanya, jika kita salah dalam mengolah kata-kata tersebut mungkin akan berdampak buruk kepada kita. Misalnya masalah yang akan terjadi kepada kita yaitu dianggap tidak sopan. Tentu julukan itu sangat buruk buat kita disaat ini dan di kemudian harinya.

2. Sms atau chat dengan teman sebaya/ seumuran
   Hal ini mungkin lebih mudah dan sangat simple, karena kita hanya perlu menyesuaikan dengan kebiasaan dan tata bicara teman kita tersebut. Tapi jangan mengganggap hal ini sangat mudah, kadang jika kita salah mengetik atau menulis satu kata aja kepada teman kita mungkin dampak buruk pun akan datang kepada kita. Ada baiknya jika kita chat atau sms dengan teman kita hal pertama yang harus kita ketahui yaitu keadaan teman kita seperti apa, lalu gunakan lah kata-kata yang sesuai dengan kondisi tersebut. Gunakan kata-kata yang mudah dimengerti, karena salah mengolah satu kata saja bisa sangat fatal.

3. Sms atau chat dengan yang lebih muda
   Disaat sms atau chat dengan yang lebih muda. Kita harus pandai-pandai mengolah kata terkadang kita menggunakan bahasa yang terlalu tinggi, sehingga adik-adik kita kurang paham atau tidak mengerti apa yang kita katakan. Dengan yang lebih muda kita harus bercakap dengan kata-kata yang sopan karena kita yang lebih tua ada baiknya mencontohkan kepada yang lebih muda. Karena kadang mereka sering mencontohkan kata-kata yang sering terucap atau tertulis begitu saja tanpa berpikir ini baik atau buruk.

 Nah, dari contoh diatas betapa pentingnya mengolah kata-kata dalam berkomunikasi. Banyak sekalin diantara kita yang masih sering menggunakan kata-kata yang tidak jelas, tidak sopan, dan pengolahan katanya salah.

Bukan hanya dalam chatting maupun sms saja kita mengolah kata-kata kita di sosial media pun kita harus pandai-pandai mengolah kata-kata kita. Sudah banyak sekali kasus yang terjadi ketika kita salah mengolah kata-kata atau lebih tepatnya kadang kita salah mengutaran pendapat kita, hingga akhirnya orang salah paham dan marah.

Seperti kasus-kasus seperti ini :
a. Seorang mahawasiswi yang marah-marah karena kesal dan dia mengutarakan kekesalannya ke sosial media. Tanpa pikir panjang dia menulis kata-kata yang menjelekkan seseorang dan sebuah tempat yang membuat dia dalam masalah. Kesalahan wanita ini dalam mengoalh kata-katanya sangatlah fatal, jika kita ingin mengomentari sesuatu boleh saja mengutarakannya di sosial media. Tapi menggukan kata-kata yang pantas dan dapat dipahami orang-orang.

b. Membuat status yang menjatuhkan seseorang disosmed. Sosmed sebenarnya bukan tempat untuk menulis tulisan-tulisan yang buruk dan menghina sesorang.

Betapa mengerikannya kata-kata, jika kita salah mengolah kata-kata saja kita bisa mendapat dampak yang sangat fatal.
Maka dari itu, mulailah dari sekarang gunakan kata-kata dan olahlah sebaik-baiknya. Karena kata-kata dapat mengartikan sikap dan sifat kita kepada orang lain.

Hal- hal yang harus diperhatikan dalam mengolah kata-kata :
1. Menggunakan kata-kata sopan dan baik. Tidak perlu melihat dulu orang yang akan kita ajak berkomunikasi, karena semua orang senang kata-kata yang sopan baik yang sudah kenal maupun belum. Dengan kata-kata yang sopan dapat mencerminkan kita sebagai sosok yang sopan pula.
2. Memilih dan mengolah kata yang lebih baik.
3. Berpikir 2x saat selesai menulis atau mengetik.
4. Menggunakan kata-kata yang mudah dipahami.
5. Tidak mengandung unsur yang jelek, kasar dan penghinaan secara langsung.
  
Semoga dapat bermanfaat dan kita dapat menjadi seseorang yang pandai dalam mengolah kata-kata kita.
Aamiin >_< ^___^
Terima Kasih 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA