Langsung ke konten utama

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

       Perusahaan adalah suatu organisasi atau badan yang berguna sebagai pemberi lapangan pekerjaan kepada orang-orang yang akan memproses sumber daya (input) menjadi barang dan jasa(output) bagi konsumen. Tujuan dari perusahaan yaitu laba/ keuntungan. Banyak manfaat dari perusahaan, seperti memberikan lapangan pekerjaan, memhasilkan produk/jasa bagi konsumen, dll. Selain itu, perusahaan terkadang juga memiliki sisi negatifnya, seperti memberikan limbah yang berbahaya, merusak lingkungan, dll. Ini adalah hal yang harus dipikirkan oleh para pemilik perusahaan(direktur), maka dari itu sebelum membuat perusahaan, para pemilik(direktur) harus memikirkan dampak dari perusahaan yang akan mereka bangun dan tentunya tanggung jawab sosial maupun lingkungan yang harus mereka terapkan.
        Tanggung jawab lingkungan adalah hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan, contohnya sebuah perusahaan yang membuang limbah pabriknya ke sungai. Ini dapat menyebabkan sungai menjadi kotor dan makhluk hidup yang hidup disana menjadi mati, sebagai tanggung jawab lingkungan perusahaan tersebut harus bertanggung jawab dengan cara mengganti rugi dengan materi atau bisa juga dengan cara membersihkan limbah pabrik yang telah mereka buang. Hal ini mungkin sudah banyak orang mengetahuinya, maka dari itu saya akan membahas tentang tanggung jawab sosial sebuah perusahaan, yaitu Perusahaan BatuBara Adaro di Kalimantan Selatan.

 # Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Batu Bara #

Perusahaan adalah bagian dari masyarakat, menyadari bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab sosial untuk mengembangkan masyarakat sekitar, terutama di bidang ekonomi, sosial dan budaya. Tanggung jawab ini diwujudkan melalui penerapan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan yang dulu dikenal dengan Community Development (CD) dari perusahaan pertambangan batu bara di Provinsi Kalimantan Selatan cenderung meningkat.

Adaro adalah perusahaan yang berfokus pada bisnis pertambangan batubara yang terintegrasi melalui anak-anak perusahaannya. Indonesia merupakan salah satu produsen batu bara terbesar di dunia.

Di sini, banyak perusahaan tambang beroperasi dan mengais untung. Kondisi pasar batubara saat ini merupakan koreksi yang sehat terhadap pertumbuhan pasokan yang tidak disiplin. Pertambangan batubara merupakan bisnis jangka panjang, dan penurunan harga saat ini merupakan bagian dari siklus komoditas yang normal. Salah satu pemain utama di batu bara adalah PT Adaro Energy Tbk.

Lokasi utama operasional Adaro berada di propinsi Kalimantan Selatan dimana Adaro memproduksi Environcoal yang merupakan batubara sub bituminus dengan nilai kalori sedang dan kandungan sulfur, abu dan emisi NOx yang sangat rendah. Adaro menjalankan serangkaian bisnis yang terintegrasi secara vertikal, dengan beberapa anak perusahaan yang beroperasi dari pertambangan sampai energy.

Pada 2012, pendapatan usaha Adaro mengalami penurunan sebesar 6,6% (year over year) menjadi sebesar USD3.722 juta dari sebelumnya sebesar USD3.987 juta. Penurunan ini disebabkan yang penurunan volume penjualan dan turunnya rata-rata harga penjualan akibat dampak dari kondisi pasar yang kurang kondusif. EBITDA dan laba tahun berjalan yang dapat dicapai masingmasing sebesar USD1,088 juta dan USD383,3 juta.

Jumlah EBITDA tersebut sesuai dengan pedoman tahun 2012 sebesar USD1 juta sampai dengan USD1,300 juta. Pada awal 2013, Adaro memperkenalkan produk baru yang diberi nama Envirocoal 4700 (E4700). Ini merupakan produk yang berdiri sendiri, atau bukan produk bauran, yang diproduksi dari bagian utara tambang Tutupan, dengan target produksi 8 juta ton tahun ini. Penjualan E4700 di kuartal pertama mencapai 0,94 juta ton. Total volume penjualan mencapai 11,23 juta ton di kuartal pertama 2013, atau relatif stabil y-o-y.

Selama kuartal ini, Adaro terus melayani pasar domestik dan menjual lebih dari 22% ke konsumen di Indonesia. Sejalan dengan strategi untuk meningkatkan efisiensi dan pengendalian biaya operasional, Adaro menurunkan nisbah kupas rata-rata yang direncanakan dari 6,4x pada tahun 2012 menjadi 5,75x pada tahun 2013. Menurut Direktur Adaro Sandiaga Uno, tahun ini kinerja Adaro on trackuntuk mencapai target produksi batubara yang telah dicanangkan di awal tahun sebesar 50 sampai 53 juta ton, meningkat dari realisasi tahun 2012 sebesar 47,2 juta ton. 



Kontribusi pada Masyarakat Sekitar

Perusahaan tambang sering sekali bermasalah dengan masyarakat sekitar. Untuk menyelesaikan hal ini menurut Sandiaga pihaknya mempunyai visi menjadi perusahaan tambang dan energi Indonesia yang terkemuka dan menyadari pentingnya keseimbangan antara pencapaian target perusahan dengan tanggung jawab sosial. “Program tanggung jawab sosial merupakan bagian dari strategi inti perusahaan, dan Adaro percaya bahwa komitmen dan fokus yang besar untuk menetapkan standar yang tinggi di bidang ini merupakan faktor utama yang mendukung pertumbuhan perusahaan".

Beberapa program tanggung jawab sosial yang diterapkan Adaro :
 
1. Dalam bidang pengembangan ekonomi
Dia memiliki program lembaga pembiayaan mikro, pengembangan perkebunan karet unggul, dan program pertanian terpadu.
2. Dalam Bidang Kesehatan
Berpartisipasi dalam upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui berbagai program yang selaras dengan Millennium Development Goals (MDG).
3. Dalam bidang pendidikan
Aktif memberikan beasiswa baik bagi pelajar dan tenaga pengajar yang berprestasi.
4. Adaro juga mengklaim berpartisipasi dalam pengembangan sosial dan budaya dan mendukung pembangunan Islamic Center di desa Tabalong.
5. Program pelatihan operator dan mekanik yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemuda lokal agar mereka mampu memenuhi kebutuhan perusahaan akan tenaga operator dan mekanik yang handal.



DAFTAR PUSTAKA

PT Adaro Energy Tbk. - Keseimbangan Target dan Kiprah Sosial _ Koran Sindo.html
CSR Batubara Meningkat - ANTARA News Kalimantan Selatan.html




BY : COGHY MI-MIUW
THANKS FOR READER ^____^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA