ALAT PEMROSESAN


  1. CPU (Central Processing Unit)
    CPU merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali (control unit) dan unit arithmatika dan logika. Disamping dua bagian utama tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.

  2. Control Unit
    Control Unit bertugas untuk mengatur dan mengedalikan semua peralatan yang ada pada system komputer. Control Unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan data ditampilkan pada output.
    Tugas control unit sebagai berikut :

  • Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
  • Mengambil instruksi dari main memory
  • Mengambil data dari main memory kalau diperlukan proses
  • Mengirim instruksi aritmatik dan logika
  • Menyimpan hasil proses ke main memory.

  1. Arithmetic and logic unit (ALU)
    Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika dan matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Sedangkan tugas lain ALU adalah untuk melakukan pengambilan keputusan dari operasi logika dengan instruksi program.

  2. Register
    Register merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi, lebih cepat sekitar 5 sampai 10 kali dibandingkan dengan kecepatan perekaman atau pengambilan data di main memory. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi dan data lainnya menunggu untuk diproses di main memory.
Daftar Pustaka :
Buku Pengenalan Komputer Penerbit ANDI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA