Contoh BAB 1 Pendahuluan Karya Tulis


BAB I

PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang


Belajar merupakan suatu aktifitas yang sering kita lakukan sehari-hari, baik di sekolah maupun di lingkungan luar. Dari belajar kita mendapatkan banyak ilmu-ilmu yang berguna. Ilmu-ilmu tersebut tidak datang begitu saja dengan sendirinya dan belajar itu tentunya berawal dari minat seseorang untuk belajar.

Minat merupakan landasan penting bagi seseorang untuk melakukan kegiatan dengan baik. Sebagai suatu aspek kejiwaan minat bukan saja dapat mempengaruhi tingkah laku seseorang, tapi juga dapat mendorong orang untuk tetap melakukan dan memperoleh sesuatu. Hal itu sejalan dengan yang dikatakan oleh S. Nasution bahwa pelajaran akan berjalan lancar apabila ada minat. Anak-anak malas, tidak belajar, gagal karena tidak ada minat. Dalam kegiatan belajar, minat mempunyai peranan yang sangat penting. Bila seorang siswa tidak memiliki minat dan perhatian yang besar terhadap objek yang dipelajari maka sulit diharapkan siswa tersebut akan tekun dan memperoleh hasil yang baik dari belajarnya. Sebaliknya, apabila siswa tersebut belajar dengan minat dan perhatian besar terhadap objek yang dipelajari, maka hasil yang diperoleh lebih baik. Seperti yang diungkapkan oleh Usman Efendi dan Juhaya S Praja bahwa .belajar dengan minat akan lebih baik daripada belajar tanpa minat.

Berdasarkan keterangan di atas, maka saya ingin mengetahui sejauhmana minat siswa terhadap belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.


1.2    Rumusan Masalah


Berdasarkan masalah diatas, maka masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ini adalah :

  1. Apakah penyebab seseorang itu kurang berminat belajar?
  2. Apa manfaat dari belajar tersebut?
  3. Bagaimana cara menanggulangi kurangnya minat belajar?

1.3   Tujuan Penelitian


Tujuan penelitian pada Karya Tulis ini adalah :

  1. Untuk mengetahui alasan sesorang tidak minat belajar.
  2. Untuk menggambarkan apa saja manfaat dari belajar itu.
  3. Untuk memberikan cara yang efektif untuk seseorang itu minat belajar.

1.4    Metodologi Penelitian


Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan angket. Dalam penulisan karya tulis ini penulis juga mengumpulkan data dengan mencari literatur-literatur di perpustakaan dan situs-situs internet yang berhubungan dengan materi penulisan karya tulis.

1. 5   Bibliografi

  1. M. Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1995), Cet. Ke-11, h. 84
  2.  Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001), Cet. Ke-6, h. 136
  3.  Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: PT. Alma.arif, 1980),Cet. Ke-4, h. 79
  4.  Mahfudh Shahuddin, Pengantar Psikologi Pendidikan, (Surabaya: Bina Ilmu, 1990), Cet. Ke-1, h. 95

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA