Contoh BAB 1 Pendahuluan Karya Tulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Belajar
merupakan suatu aktifitas yang sering kita lakukan sehari-hari, baik di sekolah
maupun di lingkungan luar. Dari belajar kita mendapatkan banyak ilmu-ilmu yang
berguna. Ilmu-ilmu tersebut tidak datang begitu saja dengan sendirinya dan
belajar itu tentunya berawal dari minat seseorang untuk belajar.
Minat merupakan landasan penting bagi
seseorang untuk melakukan kegiatan dengan baik. Sebagai suatu aspek kejiwaan
minat bukan saja dapat mempengaruhi tingkah laku seseorang, tapi juga dapat
mendorong orang untuk tetap melakukan dan memperoleh sesuatu. Hal itu sejalan
dengan yang dikatakan oleh S. Nasution bahwa pelajaran akan berjalan lancar
apabila ada minat. Anak-anak malas, tidak belajar, gagal karena tidak ada
minat. Dalam kegiatan belajar, minat mempunyai peranan yang sangat penting. Bila
seorang siswa tidak memiliki minat dan perhatian yang besar terhadap objek yang
dipelajari maka sulit diharapkan siswa tersebut akan tekun dan memperoleh hasil
yang baik dari belajarnya. Sebaliknya, apabila siswa tersebut belajar dengan minat
dan perhatian besar terhadap objek yang dipelajari, maka hasil yang diperoleh
lebih baik. Seperti yang diungkapkan oleh Usman Efendi dan Juhaya S Praja bahwa
.belajar dengan minat akan lebih baik
daripada belajar tanpa minat.
Berdasarkan keterangan di atas, maka
saya ingin mengetahui sejauhmana minat siswa terhadap belajar sehingga dapat
meningkatkan hasil belajar.
Berdasarkan
masalah diatas, maka masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ini adalah :
- Apakah penyebab seseorang itu kurang berminat belajar?
- Apa manfaat dari belajar tersebut?
- Bagaimana cara menanggulangi kurangnya minat belajar?
Tujuan
penelitian pada Karya Tulis ini adalah :
- Untuk mengetahui alasan sesorang tidak minat belajar.
- Untuk menggambarkan apa saja manfaat dari belajar itu.
- Untuk memberikan cara yang efektif untuk seseorang itu minat belajar.
Penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan angket. Dalam
penulisan karya tulis ini penulis juga mengumpulkan data dengan mencari
literatur-literatur di perpustakaan dan situs-situs internet yang berhubungan
dengan materi penulisan karya tulis.
- M. Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1995), Cet. Ke-11, h. 84
- Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001), Cet. Ke-6, h. 136
- Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: PT. Alma.arif, 1980),Cet. Ke-4, h. 79
- Mahfudh Shahuddin, Pengantar Psikologi Pendidikan, (Surabaya: Bina Ilmu, 1990), Cet. Ke-1, h. 95
Komentar