GAMBARAN UMUM KOMPUTER




  1. Definsi Komputer
    Istilah komputer berasal dari bahasa latin yaitu Computare yang berarti ‘menghitung’ atau dalam bahasa inggris yaitu to compute. Berikut ini diberikan beberapa definisi tentang computer yang disajikan oleh beberapa buku, sebagai berikut :

  • Menurut buku Computer Annual
    Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas diantaranya menerima input, memproses input menjadi output, menyimpan perintah dan hasil pengolahan dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
  • Menurut buku Computer Today
    Komputer adalah system elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan di memori.
  • Menurut buku Computer Organization
    Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital dan memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memori (stored program) dan menghasilkan output informasi.


  1. Pengolahan Data Elektronik
    Pengolahan data dengan menggunakan komputer terkenal dengan nama istilah Electronic Data Processing yang berarti memanipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer. Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan yang akan dijadikan input dalam sebuah pemgrograman. Data dapat berupa angka, huruf atau simbol khusus maupun gabungan dari ketiganya. Pengolahan data adalah kegiatan memanipulasi dari data mentah menjadi data yang lebih berguna untuk sebuah informasi.

  2. Siklus Pengolahan Data
    Suatu proses data terdiri dari 3 tahapan yaitu input, processing, dan output. Kemudian tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data dikembangkan menjadi bertambah 3 yaitu, organization, storage, dan distribution.

  • Organization adalah tahap pengumpulan data (recording)
  • Input adalah data yang dimasukkan kedalam komputer
  • Processing adalah kegiatan pengolahan data yang sudah dimasukkan berupa proses menghitung, membandingkan atau mengurutkan, dll.
  • Output adalah hasil dari kegiatan processing berupa informasi
  • Distribution adalah tahap pemindahan informasi kepada user
  • Storage adalah proses perekaman atau penyimpanan data.
Daftar Pustaka :
Buku Pengenalan Komputer Penerbit ANDI Yogyakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA