Hologram


Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik.Hologram bertindak sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik itu kemudian akan membentuk suatu gambar, pemandangan, atau adegan.Hologram merupakan jelmaan dari gudang informasi (information storage) yang mutakhir.

Penemuan itu dilakukan di Inggris pada laboratorium komersial Inggris Thomas- Houston yang mengajukan paten pada tahun 1947 kembali, namun hologram cahaya / teknik optik tidak mencapai segala signifikansi komersial sampai pengembangan Laser pada tahun 1960. Dengan penemuan laser, objek 3-dimensi kemudian dapat dibuat dan teknik ini pertama kali ditemukan pada tahun 1962 oleh dua set tim - satu di Soviet Rusia  yang dipimpin oleh Yuri Denisyuk dan di AS, yang dipimpin oleh Juris Upatnieks.



Hologram awal yang diperlukan iluminasi dengan menggunakan cahaya terpolarisasi yang disediakan oleh laser yang sangat membatasi penggunaan hologram. Dengan perkembangan "Transmisi Rainbow" hologram, biasa putih sumber cahaya s dapat digunakan untuk membuat replikasi 3-dimensi dan ini membuka pintu untuk menggunakan hologram dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh hologram :


Teknologi hologram melalui samartphone, app keyboard hologram.

Menampilkan hologram dengan bantuan alat sederhana seperti diatas, lalu alat tersebut diletakkan diatas handphone dengan gambar yang telah ditentukan untuk mendukung tampilan hologram.


Gambar diatas ini adalah hologram 3D yang menggabungkan gambar 3D yang dapat bergerak (animasi).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA