PENERAPAN KOMPUTER




  1. Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
    Kecepatan dan ketepatan komputer sangat bermanfaat dalam pengolahan data yang kompleks pada aplikasi teknik. Komputer dapat memecahkan masalah perhitungan dalam waktu yang cepat. Penelitian dan riset pengembangan yang membutuhkan biaya dan resiko yang besar sekarang dapat disimulasikan dengan komputer. Komputer juga dapat digunakan untuk membuat model molekul serta dapat ditampilkan secara grafik pada layar. Sehingga dapat dilihat reaksi antar molekul.
    Contoh dari aplikasi bidang teknik adalah CAD (computer aided design) yiatu perancangan yang menggunakan bantuan komputer. Misalnya, perancangan bentuk mobil yang ergonomis atau perancangan visual dari suatu gedung.

  2. Bidang Heat
    Kegunaan komputer dalam bidang bisnis adalah untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat, informasi ini seperti sebuah berita keuangan dalam sebuah perusahaan yang apabila informasi tersebut terhenti atau bahkan hilang maka akan memberikan efek negative bagu perusahaan. Informasi disini juga dapat berupa keadaan pasar atau harga normal pasar yang bersaing dan berkembang dengan cepat. Sangat penting dalam suatu manajemen perusahaan untuk memperoleh informasi yang tepat dan membutuhkan alat pengolah data yaitu komputer.
    Management Information System (MSI) atau system informasi manufaktur (SIM) merupakan suatu system yang menyediakan informasi dalam bidang manajemen, yaitu seperti system akuntansi, strategic control, management control maupun operational control.

  3. Bidang Industri
    Penerapan pada bidang industri, komputer lebih dipergunakan untuk pengawasan numerik (numerical control) atau pengawasan proses. Adapun beberapa bahasa komputer yang dapat digunakan membuat program untuk mengatur pengawasan numerik diantaranya APT (Automatically Programed Tools) dan IBM’s AUTOSPOT.

  4. Bidang Pendidikan
    Komputer sudah dapat digunakan dalam memcahkan masalah-masalah perhitungan matematika, ataupun membantu menerjemahkan bahasa.
  5. Bidang Kedokteran
    Salah satu contoh penerapan komputer dalam dunia kedokteran adalah dengan penerapan aplikasi CAT (computerized Axial Tomography)  pada tahun 1973 yang berguna untuk membuat gambar otak pada tahun pertama. Namun sekarang CAT sudah dapat mengambil gambar seluruh organ tubuh manusia.

Daftar Pustaka :
Buku Pengenalan Komputer Penerbit ANDI



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA