Generalisasi, Analogi, dan Sebab-Akibat(Kausalitas)

A. Generalisasi

Generalisasi adalah pernyataan yang berlaku umum untuk semua atua sebagian besar gejala yang diamati. Dalam pengembangan karangan, generalisasi perlu ditunjang dengan fakta-fakta, contoh-contoh, data statistic dan sebagainya.

Contoh :
Komputer kini sudah menjadi benda yang umum. Setiap hari, Anda mungkin berhubungan dengan benda ini. Komputer dan Internet telah banyak membantu pekerjaan Anda. Kemudahan mencari informasi, melakukan berbagai transaksi keuangan, menyimpan atau mengolah data menjadi sesuatu yang tidak terlalu membebani. Tetapi, dibalik kemudahannya, ada berbagai ancaman yang dapat merusak data atau komputer Anda baik PC maupun laptop.

Ketika Anda mendapati komputer Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya, misalnya komputer lambat, hang, data yang dicari hilang, tampilan yang mengganggu ketika sedang bekerja, Anda mungkin berkesimpulan komputer Anda terkena virus. Sebenarnya ada berbagai ancaman yang mengincar saat Anda bekerja dengan komputer dan internet. Ancaman ini dapat merusak data, komputer, bahkan mencuri data penting.(sumber : kumpulan.info/tech/artikel-teknologi/321-ancaman-komputer-internet.html).

B. Analogi

Analogi adalah penalaran yang dilakukan dengan cara membandingkan dua hal yang berbeda, tetapi keduanya memiliki beberapa sisi persamaan.

Contoh :
Dulu, dizaman yang belum modern ini kita masih menggunakan surat berupa kertas yang ditulis dengan tinta maupun ukiran arang. Media ini digunakan untuk memberikan informasi kepada seseorang yang jaraknya jauh dari tempat tinggal kita. Dengan berkembangnya teknologi, sekarang kita dapat menulis surat dengan media elektronik, yaitu menggunakan email. Memiliki fungsi yang sama untuk mengirimkan informasi kepada seseorang, tapi lebih mudah dan menghemat biaya. Karena kita tidak perlu lagi membeli kertas maupun alat tulis, bukan hanya itu saja dengan menggunakan email kita dapat mengirim ke lebih dari 2 orang sekaligus tanpa harus menulis ulang surat itu.

C. Sebab-Akibat (kausalitas)

Sebab-akibat(kausalitas) adalah suatu kalimat yang memiliki hubungan sebab dan akibat maupun akibat sebab.

Contoh:
 Game Strategi sekarang sudah sangat menarik, seperti pada grafik dan karakternya yang sangat diminati oleh gamers. Bukan hanya dilihat dari tampilannya saja, jalan ceritanya pun dibuat menarik dan selalu memiliki cerita yang berbeda setiap level. Bermain game tentu sangat menyenangkan untuk para pecinta game, tapi beberapa orang yang tidak menyukai game pasti beranggapan bahwa game itu tidak baik dan beranggapan negatif akan game tersebut. Tidak semua permainan game itu berdampak negatif, seperti yag telah dibuktikan melalui penelitian bahwa bermain game memang membantu untuk meningkatkan keterampilan koordinasi mata dan tangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Buku saleha is me

Artikel : Penghargaan dan Hukuman dalam Organisasi Perusahaan

WISATA MONUMEN PANCASILA SAKTI, LUBANG BUAYA